4/7/11

Tips & Trik Blackberry Solusi Cerdas untuk Peranti Pintar

BlackBerry adalah perangkat komunikasi yang pintar. Hanya saja, terkadang sering menjengkelkan. Misalnya, bila tiba-tiba jadi lemot. Nah, berikut ini ada sejumlah tips dan trik agar BlackBerry kembali “pintar”.
LEMOT? REBOOT SAJA!
Delete Clear Log
Setelah beberapa bulan memakai BlackBerry (BB), mendadak BB Anda tak secepat ketika masih baru. Itu sangat mungkin terjadi, apalagi jika Anda hobi menginstal berbagai macam aplikasi. Dengan menginstal aplikasi, otomatis memori di BB jadi berkurang. Penggunaan BB dalam waktu lama juga akan menyimpan log yang ikut membebani kinerja.
Yang pertama harus Anda lakukan, menghapus log yang tersimpan di BB Anda. Caranya mudah.Tekan tombol “Alt” lalu ketik L-G-L-G. Jika caranya benar, maka akan muncul daftar log yang tersimpan. Untuk menghapusnya, tekan tombol Menu lalu arahkan ke Clear Log, dan  tekan Delete . Semua log yang tersimpan di BB akan hapus seketika.
Clear History
Cache juga harus rutin dibersihkan. Cache adalah tempat menyembunyikan atau tempat menyimpan sementara data yang pernah Anda akses. Jadi, apabila ingin mengakses kembali data tadi, memori cukup mengambil data yang sudah tersimpan. Hanya saja, jika ini dibiarkan, tentu akan membebani memori BB. Maka, perlu rutin menghapusnya.
Caranya cukup mudah. Anda tinggal menuju browser internet. Klik Menu, pilih Option, arahkan ke Cache Operations, klik lalu Clear History. Tunggu beberapa saat hingga memori bekerja untuk membesihkan history file  Anda. Tekan tombol Escape untuk kembali ke browser .
Cleaning Memory
Anda juga bisa membersihkan memori secara otomatis. Cara ini bisa membuat BB jadi lancar kembali. Agar pembersihan ini berjalan otomatis, Anda harus melakukan setting  terlebih dulu. Masuk ke Security Options, kemudian klik Memory Cleaning dan ubah status ke Enabled.
Soft Reset
Tekan bersamaan tombol Alt, Caps (aA) dan Del, maka secara otomatis BB akan melakukan Rebooting . Untuk melakukan ini, Anda harus meletakkan BB di meja. Lalu, tekan tiga tombol tadi secara bersamaan. Cara ini sama seperti restart pada PC atau laptop.
Hard Reset
Ini sering disebut juga dengan cabut baterai. Biarkan baterai terpisah dari badan BB selama 3-5 menit. Setelah itu, pasang kembali. Lakukan secara berkala, misalnya seminggu sekali.
Pilah-Pilih Aplikasi
Mengaktifkan aplikasi akan membuat kinerja BB jadi lebih berat. Itu sebabnya, Anda harus memilah mana aplikasi yang perlu dan tidak. Jangan semua aplikasi yang Anda install diaktifkan. Selain bikin BB jadi lemot , mengaktifkan semua aplikasi juga bisa membuat BB jadi boros menyedot daya (baterai). Jadi, selamat “bersih-bersih” BB!


YM TAK BISA SIGN IN
Yahoo Massenger (YM) kadang tak bisa sign in . Tertera peringatan: “Please ensure device time correct”. Padahal ID dan password-nya sudah benar. Ada apa gerangan? Coba cek setting kalender di BB Anda. Apakah sudah benar? Setting tanggal yang salah bisa membuat YM error ketika sign in .
Biasanya, kendala ini muncul ketika BB mati. Nah, agar setting tanggal tidak berubah, Anda bisa melakukan perubahan pilihan di pengaturan waktu. Caranya, masuk ke aplikasi Clock, lalu klik Menu, dan Set Time. Di menu Use Network Time, pilih Yes. Dengan demikian, waktu akan mengikuti sesuai dengan pilhan Time Zone di mana kita mengaturnya dari awal.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Walgreens Printable Coupons